Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM
Pesatnya perkembangan media internet, membuat UMKM dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menggunakan media internet serta merancang desain promosi produk mereka, dalam hal ini desain-desain visual berupa foto foto produk yang cukup menarik dan kreatif.
Hal ini disebabkan oleh munculnya persaingan yang menonjolkan kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan promosi dan pemasaran bagi UMKM menggunakan media internet sebagai sarana untuk melakukan kegiatan promosi, pemasaran serta transaksi mereka. Kemampuan tersebut, masih sangat jurang dimiliki oleh para anggota UMKM. Oleh karena itu kami dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) hadir untuk membantu memberikan pendampingan pelatihan photo produk menarik dengan menggunakan smartphone jika ada Organisasi, Komunitas, UMKM, Instansi dan Dinas di Kabupaten Ngawi, Kabupaten, Magetan, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan yang dinilai telah siap untuk mempromosikan produk unggulannya pada situs online
Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu faktor pembangunan ekonomi di Indonesia.
Fakta bahwa perkembangan internet telah mencapai kebutuhan manusia yang sangat
mendasar membuat UKM dapat memperluas bisnis mereka di seluruh dunia. Mereka, tentu
saja, diharuskan untuk memahami beberapa keterampilan dasar dan keterampilan dasar untuk
bertahan hidup di bisnis internet, seperti pangsa pasar elektronik, etika e-market, dan iklan emarket. Subjek inti dari iklan e-market adalah fotografi produk dan desain produk. Karena
smartphone telah berkembang sangat maju saat ini, semua proses di atas dapat dilakukan
melaluinya. Pelatihan ini dirancang khusus untuk tujuan itu, yaitu untuk mengembangkan
keterampilan masyarakat UKM dalam fotografi produk ponsel cerdas dan cara mengemas
produk mereka sehingga mereka dapat bersaing dan memenangkan persaingan di pasar
elektronik. Pelatihan ini cukup berhasil yang ditunjukkan oleh antusiasme para peserta
pelatihan dan menghasilkan beberapa fotografi produk yang sangat bagus. Hasil dari pelatihan ini adalah semakin banyaknya praktisi SME yang online dan mempromosikan
produk mereka di internet.
Untuk meningkatkan kemampuan Pelaku UKM di Ngawi, Magetan, Madiun, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan dalam dokumentasi foto produk, serta meningkatkan kemampuan dalam editing foto produk yang nantinya akan digunakan dalam Pemasaran Online, sehingga diharapkan UKM dapat mempublikasikan foto produknya dengan dokumentasi yang bagus, memiliki nilai publikasi yang tinggi.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, Pemasaran UKM harus mampu memanfaatkan pemasaran Berbasis Online, baik itu melalui Pembukaan Toko Online,
Apikasi Penjualan On Line maupun promosi dan pemasaran produk UKM dengan memanfaatkan Jejaring Sosial, sehingga bisa menjadi media yang bisa mewakili produk yang dibutuhkan oleh konsumen.
Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan materi secara teoritis, yang dilanjutkan dengan praktek lapangan secara langsung, dimana peserta mengaplikasikan pengetahuan terkait fotografi produk yang sudah disampaikan sebelumnya. Materi pelatihan foto yang disusun dalam program ini disesuaikan dengan kebutuhan UMKM untuk dapat mempromosikan produk maupun usahanya kepada khalayak dengan foto yang dapat ditampilkan di platform pemasaran produk UMKM bersangkutan, mencakup market place maupun social media.
Dari pelatihan ini, peserta mendapatkan pengetahuan baru bagaimana membuat foto produk yang menarik menggunakan alat alat yang sudah mereka miliki. Diharapkan pelaku UMKM dapat menguasai teknik-teknik fotografi maupun editing sehingga menghasilkan foto yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan usaha, seperti foto profil usaha maupun kemasan produk dan memenuhi kebutuhan posting konten di media sosialnya. Pelatihan fotografi ini diharapkan bisa meningkatkan pasar UMKM lebih luas tidak hanya lokal dan domestik, bahkan hingga menembus pasar mancanegara.
METODE KEGIATAN
Metode Kegiatan yang digunakan
pada pelatihan ini adalah sebagai berikut:
a. Ceramah dan demonstrasi Metode ini digunakan untuk memberikan
informasi dan pemahaman peserta
Tentang hal-hal yang berkaitan dengan fotografi dan editing produk dasar, untuk kebutuhan Pemasaran pada
Media On Line.
b. Praktik dan Pembimbingan, Metode ini digunakan untuk memberikan
kesempatan berlatih membuat foto produk dengan menggunakan media digital camera dan handphone camera. Selain itu kesulitan lainnya adalah pada ketersediaan alat untuk melakukan foto,misalnya studio mini, alas foto, lighting
dan kamera.
2. Kerangka Pemecahan Masalah Berdasarkan uraian di atas, maka pemecahan masalah yang dilakukan
secara operasional adalah sebagai berikut:
tentang hal-hal yang berkaitan dengan fotografi dan editing produk dasar, untuk kebutuhan Pemasaran pada Media On Line.
b. Praktik dan Pembimbingan Metode ini digunakan untuk memberikan kesempatan berlatih membuat foto produk dengan menggunakan media digital camera dan handphone camera
a. Diskusi secara intensif tentang:
Karakteristik setiap kamera dan lensayang akan digunakan, dan mana yang akan lebih ditekankan penggunaannya bagi para pelaku UKM.
Memilih tema, lokasi dan waktu pengambilan gambar, pada saat pelatihan.
Menentukan objek foto yang diinginkan serta karakteristiknya.
Memilih dan menyiapkan peralatan - yang dibutuhkan
b. Pemberian materi pelatihan tentang:
Pengetahuan tentang Fotografi
Pengetahuan Dasar Fotografi Produk
Pembuatan lightbox
Praktek memotret dengan produk UKM HP (Smartphone Photography)
0 Komentar